20111023

Cara Instal Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelet

Ada banyak cara untuk melakukan penginstalan Ubuntu, dan karena versi terakhir Ubuntu yang rilis adalah 11.10 Oneiric Ocelet, pada tutorial kali ini kita akan membahas penginstalan versi Unity ini. 

Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelet dapat diinstal dalam banyak cara, salah satu metode termudah adalah menggunakan Wubi Installer. Biasanya ini digunakan untuk instal ubuntu dual booting dengan OS lain. Metode lainnya bisa lewat Flash Disk maupun CD Drive.

Langkah 1. Download file *.iso Ubuntu 11.10 - Oneiric Ocelet
Download iso Ubuntu 11.10, pilih file arsip (ISO) tergantung pada arsitektur komputer kawan - seperti Intelx86 atau AMD64.

Langkah 2. Membuat Bootable Media
Kemudian membuat bootable USB stick/ drive atau CD/ DVD dari file ISO kawan yang baru saja di download. Jika kawan memilih media CD/ DVD, kawan bisa dengan mudah mem-burn-nya.

Program 'Start Up Disk Creator' sudah terinstal secara default pada Ubuntu. Gunakan program ini untuk membuat bootable media. Jalankan programnya, pilih file ISO yang mau di burn, lalu pilih medianya, CD/ flashdisk.

Langkah 3. Masukkan CD atau USB dan restart Komputer akan boot otomatis dari media bootable yang telah dibuat sebelumnya.

 Klik ikon "Install Ubuntu 11.10" untuk memulai proses instalasi.


Tampilan pertamanya akan seperti diatas, pilih saja English lalu klik Continue dan akan muncul tampilan berikut.
Tahap diatas hanya sebagai pemberitahuan, jika tidak sudah paham lanjut saja dengan mengklik continue, namun jika sedang terhubung dengan internet bagusnya centang "install third party software". 

Tampilan diatas adalah tampilan untuk tipe penginstalan, ada tiga pilihan yang diberikan Ubuntu kepada kita.
  • Install Ubuntu Alongside with them : ini akan menginstal Ubuntu 11.10 bersamaan dengan sistem operasi yang sudah ada sebelumnya. Kita mengenalnya dengan sebutan dual booting. 
  • Erase Entire Disk and Install Ubuntu : ini akan menghapus dan membersihkan semua harddisk Anda termasuk file dan sistem operasi sebelumnya. 
  • Something else : Kita bisa membuat, membagi dan memilih partisi harddisk untuk menginstal Ubuntu 11.10 dengan menggunakan advanced partition manager.
Dalam tutorial ini kita mengambil langkah ketiga, selanjutnya jika sudah yakin klik Continue dan akan muncul gambar seperti berikut ini. 

Membuat partisi ext.  dan Menginstal Ubuntu 11.10. Dalam tahap ini kehati-hatian dibutuhkan. Usahakan sebelum melakukan penginstalan untuk memback up data-data dikompi anda. Jika menggunakan dual boot , misalnya windows, upayakan sebelum menginstal ubuntu agar memberi ruang kosong khusus, partisi khusus.

Dalam contoh ini, kita melakukan upaya pengosogan partisi dari sebelumnya, dan digambar bawah telah tersedia. tinggal mengklik perintah di pojok bawah, Instal Now.


Pengaturan tambahan, seperti jenis keyboard yang ingin digunakan dan lainnya. Pilih US saja, karna kita lebih umum dengan itu.


Tahap ini untuk mengecek kompigurasi pengaman ubuntu anda, silahkan dipilih sendiri, upayakan paswortnya hanya ada yang tahu dan mengandung karakter hufur dan angka.


Setelah mengklik continue, anda akan dibawa pada halaman istalasi. Silahkan menunggu, jika sedang terhubung dengan internet, kemungkinan akan memakan waktu lama, tapi jika anda istal off line, hanya kisaran 30 menitan, selamat menunggu.


Jika proses selesai, silahkan restar kompi anda dan nikmati tampilan Oneiric Ocelet. :)

Tidak cukup sampai disitu saja, setelah penginstalan, masih ada beberapa hal yang harus diinstal untuk membuat Ubuntu anda jadi hidup. nantikan di postingan selanjutnya. :)

Salam Kebebasan

No comments:

Post a Comment